Powered by Blogger.

Saturday, February 1, 2014

KONSEP SISTEM INFORMASI LANJUT

Materi SI Korporasi
1. Apa Fungsi sistem informasi berbasis TI pada perusahaan?
Jawab  :
Pada dasarnya peranan TI bagi setiap perusahaan bersifat unik dan spesifik. Hal ini disebabkan karena masing-masing perusahaan memiliki strategi yang berbeda satu dengan yang lainnya. Walaupun dua buah perusahaan misalnya berada pada sebuah industri yang sama, namun peranan teknologi informasinya bisa sangat berbeda. Teknologi informasi (TI), yang dikhususkan untuk pengolahan data menjadi informasi yang bermanfaat bagi organisasi. Teknologi informasi terus-menerus mengalami perkembangan baik dari segi bentuk, ukuran, kecepatan dengan kemampuan untuk mengakses multimedia dan jaringan komputer.
sistem teknologi informasi memberikan lima peran utama di dalam organisasi :
a. Meningkatkan efisiensi
b. Meningkatkan efektifitas
c. Meningkatkat komunikasi
d. Meningkatkan kolaborasi
e. Meningkatkan kompetitif

2. Apa yang dimaksud SI E-Business, M-Business, dan I-Business?
Jawab  :
- E-Business merupakan suatu istilah yang digunakan untuk memberi nama pada kegiatan bisnis yang dilakukan melalui Internet. Kegiatan bisnis yang dilakukan secara online itu meliputi pemasaran, promosi, public relations, transaksi, pembayaran, dan penjadwalan pengiriman uang. E-Business ini lebih luas dari sekedar E-Commerce yang hanya terbatas pada proses transaksi secara online.
- M-Business merupakan suatu istilah yang digunakan pada E-Business yang berkembang ke dalam bentuk perangkat seperti mobile dan smartphone. M-Business merupakan evolusi dari E-Business, karena lebih mudah digunakan karena bersifat mobile.
- I-Business adalah metode kegiatan bisnis dengan menggunakan Internet sebagai media pemasaran, I-Business adalah E-Business itu sendiri karena menggunakan media Internet untuk melakukan setiap transaksi

3. Apa saja tantangan dalam membangun SI E-Business?
Jawab  :
1.      Keamanan Fisik
2.      Penyimpanan Data
3.      Media Transmisi ( Pertukaran )
4.      Sistem Administrasi


Materi Konsep Dasar Lanjut
1. Apa peran informasi bagi manajer?
Jawab  :
Peran seorang manajer adalah merencanakan apa yang akan dilakukan (dalam ukuran jangka pendek, menengah dan panjang). Kemudian, mereka melakukan pengorganisasian untuk mencapai rencana tersebut. Selanjutnya mereka menyusun staf organisasi sesuai dengan kebutuhan sumber daya yang dibutuhkan. Berdasarkan sumber daya yang ada. Manajer juga mengarahkan untuk melaksanakan rencana, dan menjaga agar sumber daya lebih optimal dalam penggunaannya.

2. Sebutkan SI menurut level organisasi !
Jawab  :
Sistem-sistem informasi dimasudkan untuk memberikan informasi kepada semua tingkatan manajemen yaitu ;
A. Manajemen tingkat atas (top level management), kegiatan manajemen yang dilakukan adalah perencanaan strategi.
B. Manajemen tingkat menengah (middle level management), kegiatan manajemen yang dilakukan adalah pengendalian.
C. Manajemen tingkat bawah (low level management) atau disebut juga operating management, kegiatan yang dilakukan adalah pengendalian operasi.

3. Sebutkan kelompok SI dalam organisasi dari user dan perspektif!
Jawab  :
- User dikelompokkan menjadi empat golongan berdasarkan kemampuan komputer yang dimiliki, yaitu :
1. Pemakai Akhir Tingkat Menu
2. Pemakai Akhir Tingkat Perintah
3. Pemakai Akhir Tingkat Programmer
4. Personil Pendukung Fungsional




Materi ERP
1. Sebutkan tahapan Evolusi ERP !
Jawab  :
Tahapan Evolusi ERP
a. Tahap I : Material Requirement Planning (MRP)
Merupakan cikal bakal dari ERP, dengan konsep perencanaan kebutuhan material
b. Tahap II: Close-Loop MRP
Merupakan sederetan fungsi dan tidak hanya terbatas pada MRP, terdiri atas alat bantu penyelesaian masalah prioritas dan adanya rencana yang dapat diubah atau diganti jika diperlukan
c. Tahap III: Manufakturing Resource Planning (MRP II)
Merupakan pengembangan dari close-loop MRP yang ditambahkan 3 elemen yaitu: perencanaan penjualan dan operasi, antarmuka keuangan dan simulasi analisis dari kebutuhan yang diperlukan
d. Tahap IV: Enterprise Resource Planning
Merupakan perluasan dari MRP II yaitu perluasan pada beberapa proses bisnis diantaranya integrasi keuangan, rantai pasok dan meliputi lintas batas fungsi organisasi dan juga perusahaan dengan  dilakukan secara mudah

2. Gambarkan Konsep Dasar ERP !
Jawab  :













3. Sebutkan dan Jelaskan Pendekatan implementasi ERP !
Jawab  :
Implementasi sistem ERP tergantung pada ukuran bisnis, ruang lingkup dari perubahan dan peran serta pelanggan. Perusahaan membutuhkan jasa konsultasi, kustomisasi dan jasa pendukung.
Migrasi data adalah salah satu aktifitas terpenting dalam menentukan kesuksesan dari implementasi ERP.  Sayangnya, Migrasi data merupakan aktifitas terakhir sebelum fase produksi.  Langkah strategi migrasi data yang dapat menentukan kesuksesan  implementasi ERP:
-          Mengidentifikasi data yang akan di migrasi
-          Menentukan waktu dari migrasi data
-          Membuat template data
-          Menentukan alat untuk migrasi data
-          Memutuskan persiapan yang berkaitan dengan  migrasi
-          Menentukan pengarsipan data           

4. Contoh Perangkat Lunak untuk ERP !
Jawab    :
Software yang mengintegrasikan setiap departement (Resource) pada Sebuah perusahaan (dari accounting, sales distribution, marketing, warehouse, hingga manufaktur), sehingga bisa dikatakan setiap departement mendapat share informasi, yang tentunya sesuai dengan authority user.
Vendor-Vendor ERP Software :
• J.D. Edwards (dibeli PeopleSoft)
• Baan (SSA Global)
• SAP
• Oracle
• ERP in a Box (Sing)
• Peoplesoft
• SYMIX
• Microsoft Axapta, dll

Materi SCM : 
1. Sebutkan dan Jelaskan aliran yang terdapat pada struktur Supply Chain !
Jawab    :
-          pertama, aliran barang dari hulu ke hilir contohnya bahan baku yang dikirim dari supplier ke pabrik, setelah produksi selesai dikirim ke distributor, pengecer, kemudian ke pemakai akhir.
-          kedua, aliran uang dan sejenisnya yang mengalir dari hilir ke hulu
-          ketiga adalah aliran informasi yang bisa terjadi dari hulu ke hilir atau sebaliknya.

2. Sebutkan dan Jelaskan bagian dan cakupan kegiatan pada area cakupan SCM !
Jawab     :
-          Distribusi : Jumlah dan lokasi supplier, fasilitas produksi, pusat distribusi, gudang dan pelanggan.
-          Strategi Distribusi: Sentralisasi atau desentralisasi, pengapalan langsung, strategi menarik atau mendorong, logistik orang ke tiga.
-          Informasi: Sistem terintregasi dan proses melalui rantai suplai untuk membagi informasi berharga, termasuk permintaan sinyal, perkiraan, inventaris dan transportasi dsb.
-          Manajemen : Kuantitas dan lokasi dari inventaris termasuk barang mentah, proses kerja, dan barang jadi.
-          Aliran dana: Mengatur syarat pembayaran dan metodologi untuk menukar dana melewati entitas di dalam rantai suplai.

3. Apa saja tantangan dalam mengelola Supply Chain ?
Jawab     :
- Tantangan dalam integrasi supply chain adalah untuk mengkoordinasikan aktivitas-aktivitas antar supply chain yang meliputi berbagai macam pihak yang terlibat.
- Selain itu, Beberapa tantangan yang dapat diantisipasi dari sistem manajeman supply chainyang customer-centric diantaranya sebagai berikut :
1.      Keaneka ragaman
2.      Standar
3.      Hukum
4.      Bahasa
5.      Keamanan

4. Jelaskan Aplikasi Internet pada SCM !
Jawab     :
1. Internet memungkinkan kolaborasi, koordinasi, dan intergrasi dalam praktek di lapangan
2. Dengan adanya internet pihak-pihak pada supply chain bisa membagi informasi serta   
    melakukan transaksi dengan lebih cepat, murah dan akurat
3. Informasi penjualan di supermarket akan mudah bisa di bagi dengan menggunakan internet


Materi CRM :
1. Apa definisi CRM ?
Jawab  :
CRM adalah adalah suatu jenis  strategi perusahaan  yang secara khusus membahas teori mengenai penanganan hubungan antara perusahaan dengan pelanggannya dengan tujuan meningkatkan nilai perusahaan di mata para pelanggannya.CRM juga dapat didefinisikan sebagai  strategi atau pendekatan yang diterapkan suatu organisasi untuk mempelajari kebiasaan dan keperluan pelanggan sehingga suatu organisasi memiliki hubungan yang lebih dekat ke pelanggan. Terdapat juga pengertian lain dari CRM, dimana CRM didefinisikan sebagai sistem informasi yang terintegrasi yang digunakan untuk merencanakan, menjadwalkan, dan mengendalikan aktivitas-aktivitas prapenjualan dan pascapenjualan dalam sebuah organisasi.
2. Apa saja kendala yang muncul setelah penerapan CRM ?
Jawab  :
berdasarkan analisa terhadap CRM dapat dilihat disini bahwa hasil dari CRM adalah menejemen hubungan dengan pelanggan yang lebih baik yang meliputi :
-          jumlah pelanggan baru yang meningkat
-          jumlah pelanggan lama yang tetap
-           tercapainya pelayanan pelanggan yang lebih baik
3. Sebutkan manfaat CRM !
Jawab  :
Manfaat CRM
Manfaat yang didapat oleh perusahaan yang menerapkan konsep CRM adalah :
• Menjaga pelanggan yang sudah ada
• Menarik pelanggan baru
• Cross Selling : menjual produk yang dibutuhkan pelanggan berdasarkan pembeliannya
• Upgrading: menawarkan status pelanggan yang lebih tinggi
• Perusahaan dapat merespon keinginan pelanggan lebih cepat
• Dan lain sebagainya.

4. Sebutkan dan jelaskan 4 aktivitas utama konsep CRM !
Jawab  :
Secara umum ada beberapa aktifitas CRM:
  1. Membangun database pelanggan yang kuat.
Database merupakan kunci utama pelaksanaan CRM. Ada beberapa alasan: Pertama, database merupakan aset perusahaan yang utama, yang juga dapat dihitung performanya sebagaimana aset finansial yang lain. Kedua, database pelanggan dapat dijadikan ukuran tentang “nilai perusahaan sekarang”, dan kemungkinan performanya di masa mendatang.
  1. Membangun profil dari setiap pelanggan.
Ada 2 hal yang dapat menjadi paramater perusahaan dalam menentukan profil pelanggan: usage dan uses.
Usage menyangkut seberapa banyak mereka menggunakan produk atau layanan perusahaan, kapan menggunakannya, dan produk atau layanan apa saja yang digunakan.
Uses menyangkut bagaimana pelanggan memakai produk atau jasa perusahaan.
Profil ini akan digunakan oleh perusahaan untuk menentukan aktifitas marketing apa yang cocok kepada pelanggan.
  1. Analisis profitabilitas dari tiap-tiap pelanggan.
Ada 2 hal yang dinilai: revenue yang dihasilkan dari tiap-tiap pelanggan dan biaya yang harus
dikeluarkan untuk melayani masing-masing pelanggan.
Revenue dilihat dari beberapa hal: (1) dari penggunaan produk atau layanan perusahaan yang mereka konsumsi sekarang. (2) menghitung seberapa kemungkinan penggunaan produk atau layanan tersebut di masa mendatang. (3) kemungkinan penggunaan produk atau layanan lain yang disediakan perusahaan.
Biaya dilihat dari biaya akuisisi (mendapatkan pelanggan) sampai biaya mempertahankan mereka.
  1. Interaksi dengan pelanggan lebih targeted dan customized.
Dengan dimilikinya data profil dari pelanggan, perusahaan dapat melakukan komunikasi dengan lebih tepat dan sesuai. Komunikasi akan berlangsung lebih personal karena perusahaan sudah mengenal pelanggannya lebih dekat.

5. Apa yang dimaksud usage dan uses ?
Jawab  :
-          Usage menyangkut seberapa banyak mereka menggunakan produk atau layanan perusahaan, kapan menggunakannya, dan produk atau layanan apa saja yang digunakan.
-          Uses menyangkut bagaimana pelanggan memakai produk atau jasa perusahaan.

6. Apa yang dimaksud cost dan revenue ?
Jawab  :
-          Cost memiliki pengertian sebagai pembayaran dan biaya barang yang di beli dan dijual
-          Revenue memiliki pengertian sebagai pengembalian barang atau jasa

7. Menu pada COMPIERE untuk mengelola database pelanggan ?
Jawab  :
-          Customer yang bertugas sebagai database untuk pelanggan atau pembeli.

8. 3 Aspek penting pada implementasi CRM, jelaskan !
Jawab  :
-          Oprational
Yaitu metode yang mengumpulkan sejarah transaksi konsumen pada perusahaan kita sehingga akan sangat mempermudah bagi konsumen untuk menemukan kebutuhannya
karena sistem telah banyak belajar dari pengalaman transaksi konsumen. Untuk itulah dibutuhkan customer agent support software untuk menerapkan CRM oprational.
-          Collaborative
Metode ini sangat dekat dengan konsumen. Metode ini di terapkan dengan banyak memperhatikan feedback dari konsumen, baik melalui email, halaman web, sms, atau survei yang kita lakukan secara khusus. Banyak masukkan yang didapat dari metode ini, mulai dari harga yang pantas untuk jasa atau produk yang kita jual sampai kepada jasa pelayanan perusahaan kita.
Alat yang digunakan untuk menjalankan metode ini adalah consumer interaction systems (web 2.0, automated phone system etc.)
-          Analytical
Metode yang terakhir ini bekerja di belakang layar. Yang dilakukan adalah melihat data transaksi konsumen dan melakukan analisis dari data yang ada. Dengan bantuan stastical analysis software kita dapat menganalis kebiasaan konsumen dan dengan demikian kita dapat memprediksi keinginan konsumen. Masih banyak lagi keuntungan yang didapat dengan proses analisis ini, salah satunya adalah peluang investasi, dengan hasil analisis yang ada kita dapat mempresiksikan produk masa depan yang akan menjadi tren dan tanpa ragu kita dapat melakukan investasi besar-besaran pada pengembangan produk tersebut.

9. Aplikasi CRM berguna bagi perushaan dalam melakukan proses apa? Jelaskan !
Jawab  :

Untuk proses penjualan dan pembelian barang dan juga sebagai penghubung antara customer dan juga penjual atau sales.


0 comments: