Powered by Blogger.

Wednesday, October 10, 2012

EKONOMI asik...


MAKALAH
Teori Organisasi Umum 2 #
Judul :
Ekonomi Itu Indah
 
Pengarang :
Budi Rakiso
11110472
2KA04
Universitas Gunadarma
2011/2012
KATA PENGANTAR
            Segala puji bagi ALLAH S.W.T yang telah memberi hidayah kepada umatNya. Kalau sekiranya bukan karena Engkau, tentu makalah ini tidak akan selesai. Saya dapat menyelesaikan makalah ini merupakan tugas dari Dosen Teori Organisasi Umum 2, Universitas Gunadarma.
Semoga rahmat dan salam senantiasa tercurah kepada junjungan kita, Nabi Besar MUHAMMAD S.A.W, kekasih pilihan ALLAH. Semoga pula rahmat,barokah dan inayah-Nya selalu bergema pada anak kerabat,sahabat, dan orang-orang yang mengiku
Depok, 14 April 2012
Budi Rakiso
BAB 1
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Sejak lahir kita begitu dekat dengan ekonomi kenapa sekarang kita harus membenci atau bahkan menjauh.. Banyak pelajar dari kalangan rendah sampai jenjang yang paling tinggi sekalipun mereka membenci ekonomi. Walau tidak sedikit orang yang menyukai ekonomi tapi perbandingannya cukup jauh mungkin 2:10.
B. Ruang Lingkup
Agar bahasan dalam makalah ini tidak terlalu luas maka, penulisan hanya mengambil masalah EkonomijugaMatematika yang di sajikan secara singkat.
C. Maksud dan Tujuan Penulisan
Maksud dan Tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas Teori Organisasi Umum 2. Dan juga bertujuan agar para pelajar dari kalang arendah sampai kalanga tinggi dapat berkreatif dan dinamis dalam mengembangkan ilmu hitung dan bisnis sebagai bekal hidup.
D. Manfaat Penulisan
Saya berharap dengan adanya makalah ini dapat meningkatkan semangat dalam belajar ekonimi dan agar lebih mudah dalam memahami serta dapat mengamalkan ilmu ekonomi yang mereka pelajari dari dulu hingga sampai saat ini.
BAB 2
EKONOMI
A. Ekonimi VS Matematika
Pada dasarnya ekonomi dan matematika hanya mempunyai beberapa kunci pokok saja, apa bila kita pahami kita akan mudah belajar ke jenjang yang lebih jauh. Mungkin kita kurang menyadari bahwa ekonimi sudah pasti matematika tapi matematika belum tentu ekonomi.Sebenarnya kita hanya belajar yang itu-itu saja tapi kita sudah terkecoh dengan rumus dan kata-kata yang menbuat kita pusing. Ternya ekonomi hanya punya 2 kunci pokok yaitu Debit (pemasukan) dan Keredit (pengeluaran) lain halnya dengan matematika yang mempunyai 4 kunci pokok yaitu Tambah (+),Kurang (-),Bagi (:),Kali (X),yang mungkin sekarang keduanya diperluas tapi pada dasarnya hanya itu saja.
Kalau sudah mengenal ekonomi kita akan menyukainya. Percayalah ekonomi itu indah bersamanya kita akan mengetahuinya apa saja dalam kehidupan. Pepatah dari Dr. Mas'ud adalah “ kita akan bangga apabila siba sesuatu yang sesuatu itu banyak orang lain tidak bisa”.
B. Kegunaan Ekonomi
Apa yang kita dapat dari pintar ekonomi itu sangat banyak, contoh : kita menjadi tukang parkir saja akan cepat banyak uang apa bila kita bisa ekonomi.kenapa demikian. Karena sany tukang parkir menggunakan sistem mengambil keuntungan terbesar dari suatu penghasilan dengan pengeluaran yang sangat sedikit. Apa bila anda tertarik untuk memahami lebih dalam tentang ekonomi anda belajarlah tidak usah malu bertanya. Karena dalam kehidupan sehari-hari sangat berkaitan dengan ekonimi.
C. Mencintai Ekonomi
Apabila kita sudah bisa mengenal ekonomi kita juga sudah tahu apa kegunaan dalam kehidupan sehari-hari. Belajar ekonomi tidak harus terpaku oleh rumus tapi kita lebih memahami apa yang kita pelajari. Dengan memahami kita akan lebih mudah untuk bisa ekonomi.
Kita harus bisa meraskan bahwa ekomoni adalah suatu ilmu yang sudah melekat pada diri kita dan dalam suatu universitas jurusan apapun kita tidak akan bisa menghindari dari pelajaran ekonomi. Satu lagi agar kita bisa mencintai ekonomi adalah dengan cara ikhlas belajar ekomoni bukan karena paksaan tapi karena kita memang menyukai dan punya motivasi “ saya pasti bisa ekomoni “. dalam mengerjakan ekomonipun perlu ketenangan.
BAB 3
EKONOMI OH EKONOMI
A. Ekonomi Itu Asik
Ekonomi iut asik kenapa demikian karena anda pasti suka uang bukan??. Dalam uang itu banyak unsur  Ekonomi. Walaupun dalam uang itu sendiri ada beberapa unsur pelajaran contohnya sejarah, biologi, matematika dan tata negara. Karena itu saya bisa katakan  Ekonomi itu asik dan dalam Ekonomi itu ada unsur menghitung yang membuat kita terlena apa bila kita sudah menghitung uang.. Anak kecil saja suka tertarik membuat uang-uangan, itu menunjukan bahwa ia juga merasa asik menghitung. Apabila anak kecil saja sudah tertarik masa kita yang sudah dewasa tidak mau mencoba hal itu. Atau para orang dewasa berpura-pura untuk tidak menyukai.
B.  Ekonomi Pasti Bisa
Dengan adanya motivasi yang demikian kita akan lebih bisa mengerjakan  Ekonomi. Beberapa tips untuk mengerjakan  Ekonomi :
  1. Percaya diri pasti kita bisa mengerjakan ini.
  2. Ketenangan apa bila kita panik cobalah tenang.
  3. Menggunakan wakti secara efisien.
  4. Memahami materi yang dikerjakan.
  5. Konsentrasi diri kita dalam mengerjakan tiap soal.
  6. Berdoa.
Dan apabila anda mempunyai cara yang lebih mudah dalam mengerjakan soal mungkin itulah yang lebih baik anda gunakan selama hasilnya efisien.
Semoga setelah anda mengetahui sedikit tentang  Ekonomi anda bisa menyukainya. Dalam belajar  Ekonomi kita juga harus continue dalam berlatih soal-soal.
C. Ekonomi Ilmu “ALLAH”
Kita harus menyadari bahwa  Ekonomi juga ilmu allah, dalam surat QS.4:7 :
Yang artinya :   Bagi laki-laki ada hak bagian dari harta peninggalan ibu/bapak dan kerabatnya,dan bagi wanita                                ada hak bagian (pula) dari peninggalan ibu/bapak dan kerabatnya, baik sedikit maupun banyak                                menurut pembagiannya.
Dan disini saya ingin sekali memberitahu bahwa sepintar apapun seseorang dalam hal  Ekonomi ia tidak lah paling pintar karena dalam dunia ini pasti ada yang lebih dari kita. Jadi tak sepatutnya kita sombong apalagi dengan  Ekonomi membuat kita merendahkan orang lain dengan  Ekonominya yang belum sebarapa.
BAB 4
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dalam hidup ini apabila seseorang tidak bisa ekonomi ia akan merasa paling bodoh dalm dunia ini. Walau sangat tidak mungkin seseorang tidak mengerti ekonomi. Kenapa demikian, karena ekonomi adalah ilmu yang kita ketahui sejak lahir itulah persesinya. Kita beranggapan ekonomi adalah hal yang sulit karena yang kita temui hanyalah angka,angka dan angka tidak ada yang lain itulah penyebabnya kita menganggap bahwa ekonomi itu susah. Padahal kita tidak akan pernah kaya jika kita tidak mengerti ekonomi.
Anda mungkin bertanya tanya kenapa saya katakan demikian, karena saya merasa bahwa apabila anda tidak bisa mengatur keuangan mungkin anda akan di bohongi setiap ahri setiap waktu oleh siapapun, dimanapun, kapanpun. Orang kurang menyadari betapa pentingya ekonomi dalam kehidupan. Mengapa kami mengatakan hampa tanpa ekonomi karena orang tidak akan bisa bergaul atau bahkan ia tidak mau bergaul karena ia merasa di bohongi terus setiap hari oleh orang-orang sekitarnya.
DAFTAR PUSTAKA
            Haryono, Rudy, Antoni Idel. 2004. Pintar Ekonomi SMU.
Surabaya : Gitamedia Press.
Prasetya, Eka, Liski Sarfelia. 2004. Indahnya Matematika.
Jakarta : Pesantren al-hamidiah.
www.gunadarma.ac.id

0 comments: